Daftar Isi
    50 Soal HOTS IPA Kelas 8: Cahaya dan Alat Optik + Penjelasan

    Cahaya merupakan salah satu bentuk energi yang memungkinkan kita untuk melihat. Cahaya terbentuk karena emisi gelombang elektromagnetik dari matahari atau sumber cahaya lainnya. Ketika gelombang cahaya berinteraksi dengan benda, maka akan terjadi pembiasan, interferensi, dan difraksi. Selain itu, cahaya juga dapat dikumpulkan, dipantulkan, atau dibiaskan menggunakan alat-alat optik seperti lensa dan cermin.

    Alat optik sering digunakan untuk mempelajari sifat-sifat cahaya. Lensa dapat menumpukan cahaya dan membentuk bayangan, sementara cermin dapat memantulkan cahaya. Kedua alat ini berguna untuk aplikasi seperti kacamata, teleskop, dan mikroskop. Di artikel ini akan berisi 50 soal yang menguji pemahaman siswa terhadap konsep-konsep cahaya dan alat optik. Terdiri dari 40 soal pilihan ganda dan 10 soal essay dengan tingkat kesulitan berpikir tingkat tinggi (HOTS) untuk siswa kelas 8 SMP materi IPA. Harapan saya semoga artikel ini dapat membantu siswa mempersiapkan diri menghadapi ujian.

    A. Pilihan Ganda


    1. Berdasarkan hukum Snellius, sudut pantul ... sudut pandang.

    a. sama dengan
    b. kurang dari
    c. lebih dari
    d. tidak sama dengan

    Jawaban: a. sama dengan

    Penjelasan: Jawaban yang benar adalah a. sama dengan. Berdasarkan hukum Snellius, sudut pantul dari cahaya atau gelombang saat memantul dari batas antara dua media berbeda sama dengan sudut pandang terhadap permukaan batas tersebut. Hukum ini juga dikenal sebagai hukum pemantulan.

    2. Persamaan umum untuk cermin adalah?

    a. 1/f = 1/s + 1/s'
    b. 1/s = 1/f + 1/s'
    c. 1/s = 1/f - 1/s'
    d. 1/s' = 1/f + 1/s

    Jawaban: a. 1/f = 1/s + 1/s'

    Penjelasan: Jawaban yang benar adalah a. 1/f = 1/s + 1/s'. Persamaan umum untuk cermin adalah persamaan lensa yang disebut persamaan cermin. Dalam persamaan ini, f adalah jarak fokus cermin, s adalah jarak objek dari cermin, dan s' adalah jarak bayangan dari cermin. Persamaan tersebut menyatakan bahwa invers dari jarak fokus cermin (1/f) adalah sama dengan invers dari jarak objek (1/s) ditambah invers dari jarak bayangan (1/s').

    3. Bersifat maya, tegak, dan diperbesar merupakan sifat bayangan?

    a. cermin datar
    b. cermin cembung
    c. lensa cekung
    d. lensa cembung

    Jawaban: d. lensa cembung

    Penjelasan: Jawaban yang benar adalah d. lensa cembung. Bayangan yang bersifat maya, tegak, dan diperbesar biasanya terbentuk oleh lensa cembung. Lensa cembung memiliki kemampuan untuk membentuk bayangan yang lebih besar dari objek aslinya, bayangan tersebut juga tegak dan terlihat virtual atau maya.

    4. Jarwo memasukkan pensil ke dalam gelas berisi air, sehingga membuat pensil terlihat bengkok. Hal tersebut merupakan peristiwa?

    a. pemantulan cahaya
    b. pembiasan cahaya
    c. pembesaran bayangan
    d. pembengkokan cahaya

    Jawaban: b. pembiasan cahaya

    Penjelasan: Jawaban yang benar adalah b. pembiasan cahaya. Ketika Jarwo memasukkan pensil ke dalam gelas berisi air, cahaya yang melewati air mengalami perubahan arah atau pembiasan. Hal ini membuat pensil terlihat bengkok karena cahaya yang mencapai mata kita telah mengalami pembiasan saat melewati batas antara udara dan air.

    5. Jarwo sedang mengamati bayangannya pada sebuah cermin datar. Sifat bayangan Jarwo pada cermin datar adalah?

    a. nyata, tegak, sama besar
    b. nyata, terbalik, sama besar
    c. maya, tegak, sama besar
    d. maya, terbalik, sama besar

    Jawaban: c. maya, tegak, sama besar

    Penjelasan: Jawaban yang benar adalah c. maya, tegak, sama besar. Ketika Jarwo mengamati bayangannya pada cermin datar, bayangan yang terbentuk adalah bayangan maya, yang berarti bayangan tersebut tidak dapat ditangkap pada layar atau permukaan. Bayangan akan tegak berdiri, artinya posisi bayangan akan berlawanan dengan posisi objek aslinya. Selain itu, bayangan pada cermin datar juga memiliki ukuran yang sama dengan objek aslinya.

    6. Sifat bayangan pada kaca spion sepeda motor yang terbuat dari cermin cembung adalah?

    a. nyata, tegak, diperkecil
    b. nyata, terbalik, diperkecil
    c. maya, terbalik, diperkecil
    d. maya, tegak, diperkecil

    Jawaban: d. maya, tegak, diperkecil

    Penjelasan: Jawaban yang benar adalah d. maya, tegak, diperkecil. Bayangan pada kaca spion sepeda motor yang terbuat dari cermin cembung memiliki sifat bayangan maya, yang berarti bayangan tersebut tidak dapat ditangkap pada layar atau permukaan. Bayangan akan berdiri tegak atau sejajar dengan objek aslinya. Selain itu, bayangan pada kaca spion sepeda motor juga memiliki ukuran yang lebih kecil dari objek aslinya.

    7. Pada siang hari yang terik jalan aspal kelihatan seperti mengeluarkan uap air dari kejauhan. Peristiwa ini karena adanya?

    a. pembiasan cahaya
    b. pelenturan cahaya
    c. pemantulan sempurna cahaya
    d. interferensi cahaya

    Jawaban: c. pemantulan sempurna cahaya

    Penjelasan: Jawaban yang benar adalah a. pembiasan cahaya. Ketika jalan aspal terlihat seperti mengeluarkan uap air dari kejauhan pada siang hari yang terik, hal ini disebabkan oleh pembiasan cahaya. Cahaya dari matahari melewati lapisan udara dengan suhu yang berbeda-beda, menyebabkan perubahan kecepatan dan arah cahaya. Hal ini mengakibatkan cahaya yang melalui jalan aspal terlihat seperti terpantul dan terbias dalam berbagai arah, sehingga menciptakan ilusi uap air.

    8. Spektrum warna yang mempunyai panjang gelombang paling tinggi adalah?

    a. Ungu
    b. Biru
    c. Orange
    d. Merah

    Jawaban: d. Merah

    Penjelasan: Jawaban yang benar adalah d. Merah. Spektrum warna merupakan rentang warna yang terbentuk oleh panjang gelombang cahaya. Panjang gelombang paling tinggi terdapat pada warna merah, sedangkan panjang gelombang paling rendah terdapat pada warna ungu. Dengan demikian, merah memiliki panjang gelombang paling tinggi dalam spektrum warna.

    9. Gelombang cahaya merupakan gelombang, kecuali?

    a. Longitudinal
    b. Transversal
    c. Elektromagnetik
    d. Tidak memerlukan medium untuk menjalar

    Jawaban: a. Longitudinal

    Penjelasan: Jawaban yang benar adalah a. Longitudinal. Gelombang cahaya merupakan gelombang transversal, bukan longitudinal. Gelombang transversal adalah gelombang di mana getaran atau osilasi terjadi tegak lurus terhadap arah perambatan gelombang. Gelombang cahaya juga merupakan gelombang elektromagnetik, yang berarti gelombang ini terdiri dari medan listrik dan medan magnet yang saling terkait. Selain itu, gelombang cahaya dapat menjalar tanpa memerlukan medium karena merupakan gelombang elektromagnetik.

    10. Alat optik yang digunakan untuk melihat benda mikro adalah?

    a. periskop
    b. teleskop
    c. mikroskop
    d. lup

    Jawaban: c. mikroskop

    Penjelasan: Jawaban yang benar adalah c. mikroskop. Mikroskop adalah alat optik yang digunakan untuk melihat benda-benda mikroskopis yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Dengan menggunakan mikroskop, kita dapat melihat detail-detail kecil dari objek seperti sel, bakteri, atau struktur mikroskopis lainnya.

    11. Alat optik yang digunakan untuk melihat benda yang sangat jauh adalah?

    a. periskop
    b. teleskop
    c. mikroskop
    d. lup

    Jawaban: b. teleskop

    Penjelasan: Jawaban yang benar adalah b. teleskop. Teleskop adalah alat optik yang digunakan untuk melihat benda-benda yang sangat jauh, seperti planet, bintang, atau galaksi di luar angkasa. Dengan menggunakan teleskop, kita dapat memperbesar dan memfokuskan citra dari objek-objek yang berada di langit, sehingga memungkinkan kita untuk melihat dengan lebih jelas dan detail.

    12. Seseorang yang tidak dapat melihat benda yang berada pada jarak dekat dengan jelas dikarenakan bayangan yang terbentuk jatuh pada retina menjadi tidak jelas adalah gangguan pada mata yaitu?

    a. buta warna
    b. miopi
    c. hipermetropi
    d. presbiopi

    Jawaban: c. hipermetropi

    Penjelasan: Jawaban yang benar adalah c. hipermetropi. Hipermetropi adalah gangguan mata di mana seseorang memiliki kesulitan melihat benda yang berada pada jarak dekat dengan jelas. Pada kondisi ini, bayangan yang terbentuk jatuh di belakang retina, bukan tepat di atasnya. Hal ini menyebabkan bayangan menjadi tidak jelas saat melihat objek yang berada dekat. Untuk memperbaiki penglihatan, biasanya diperlukan kacamata atau lensa kontak dengan lensa yang memiliki daya fokus positif.

    13. Cahaya matahari yang putih merupakan gabungan dari ... warna.

    a. 5
    b. 6
    c. 7
    d. 8

    Jawaban: c. 7

    Penjelasan: Jawaban yang benar adalah c. 7. Cahaya matahari yang putih merupakan gabungan dari 7 warna yang berbeda, yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Kombinasi dari spektrum warna ini menghasilkan cahaya putih yang kita lihat sehari-hari. Fenomena ini dapat diamati dengan adanya pelangi atau saat cahaya melewati prisma dan terpecah menjadi spektrum warna yang terlihat.

    14. Cahaya matahari adalah merupakan contoh gelombang?

    a. Mekanis
    b. Elektromagnetik
    c. Longitudinal
    d. Panas

    Jawaban: b. Elektromagnetik

    Penjelasan: Jawaban yang benar adalah b. Elektromagnetik. Cahaya matahari adalah contoh gelombang elektromagnetik. Gelombang elektromagnetik terdiri dari medan listrik dan medan magnet yang saling terkait, dan dapat merambat melalui ruang hampa tanpa memerlukan medium. Cahaya matahari merupakan salah satu bentuk gelombang elektromagnetik yang terlihat oleh mata manusia dalam rentang spektrum cahaya yang kita kenal.

    15. Jenis makhluk hidup yang dapat memanfaatkan energi cahaya matahari secara langsung adalah?

    a. Jamur
    b. Hewan
    c. Pohon
    d. Air

    Jawaban: c. Pohon

    Penjelasan: Jawaban yang benar adalah c. Pohon. Pohon dapat memanfaatkan energi cahaya matahari secara langsung melalui proses fotosintesis. Dalam fotosintesis, pohon menggunakan klorofil yang terdapat dalam daunnya untuk menyerap energi matahari dan mengubahnya menjadi energi kimia yang dapat digunakan untuk tumbuh dan berkembang. Proses ini memungkinkan pohon untuk menghasilkan oksigen dan gula sebagai produk sampingan.

    16. Alat optik yang digunakan untuk membiaskan cahaya dan mengumpulkan cahaya ke satu titik adalah?

    a. Lensa cekung
    b. Lensa cembung
    c. Cermin cekung
    d. Cermin cembung

    Jawaban: b. Lensa cembung

    Penjelasan: Jawaban yang benar adalah b. Lensa cembung. Lensa cembung merupakan alat optik yang memiliki bentuk menonjol di tengah dan menipis di pinggirannya. Lensa cembung memiliki kemampuan untuk membiaskan cahaya dan mengumpulkan cahaya ke satu titik fokus. Karena bentuknya yang cembung, lensa ini dapat memfokuskan cahaya yang masuk ke dalam lensa ke satu titik fokus dan menghasilkan gambar yang diperbesar.

    17. Cahaya yang memiliki panjang gelombang paling pendek adalah warna?

    a. Merah
    b. Kuning
    c. Biru
    d. Ungu

    Jawaban: d. Ungu

    Penjelasan: Jawaban yang benar adalah d. Ungu. Cahaya yang memiliki panjang gelombang paling pendek adalah warna ungu. Panjang gelombang cahaya berhubungan dengan warna yang kita lihat. Semakin pendek panjang gelombangnya, semakin "biru" atau "ungu" warna tersebut. Ungu memiliki panjang gelombang yang lebih pendek dibandingkan dengan warna lain seperti merah, kuning, dan biru.

    18. Rabun jauh disebut juga sebagai?

    a. miopia
    b. hipermetropia
    c. presbiopia
    d. astigmatismu

    Jawaban: a. miopia

    Penjelasan: Jawaban yang benar adalah a. miopia. Rabun jauh, juga dikenal sebagai myopia, adalah kondisi penglihatan yang menyebabkan seseorang sulit melihat dengan jelas objek yang berada pada jarak yang jauh. Pada miopia, fokus cahaya terjadi sebelum mencapai retina, sehingga bayangan yang terbentuk menjadi kabur saat melihat objek yang jauh. Biasanya, miopia dapat diperbaiki dengan menggunakan kacamata atau lensa kontak dengan lensa yang memiliki daya fokus negatif.

    19. Gelombang transversal memiliki 5 bukit dan 4 lembah, berapa jumlah gelombang yang terbentuk?

    a. 4,5
    b. 4
    c. 3,5
    d. 3

    Jawaban: a. 4,5

    Penjelasan: Jawaban yang benar adalah a. 4,5. Jumlah gelombang yang terbentuk dapat dihitung dengan menjumlahkan jumlah bukit dan lembah. Dalam hal ini, terdapat 5 bukit dan 4 lembah, sehingga jumlah gelombang yang terbentuk adalah 5 + 4 = 9. Namun, karena setiap gelombang terdiri dari satu bukit dan satu lembah, maka jumlah gelombang yang terbentuk adalah setengah dari total bukit dan lembah, yaitu 9/2 = 4,5.

    20. Alat optik yang biasa terpasang pada kapal selam adalah?

    a. Teleskop
    b. Periskop
    c. Stetoskop
    d. Mikroskop

    Jawaban: b. Periskop

    Penjelasan: Jawaban yang benar adalah b. Periskop. Alat optik yang biasa terpasang pada kapal selam adalah periskop. Periskop digunakan untuk melihat keadaan di atas permukaan air tanpa harus naik ke permukaan. Dengan menggunakan periskop, awak kapal selam dapat memantau sekitar kapal dan mendapatkan informasi visual yang penting untuk navigasi dan keamanan.

    21. Benda yang tidak dapat memunculkan pola pelangi pada cahaya matahari adalah?

    a. Kepingan CD
    b. Gelembung sabun
    c. Air
    d. Kertas

    Jawaban: d. Kertas

    Penjelasan: Jawaban yang benar adalah d. Kertas. Benda yang tidak dapat memunculkan pola pelangi pada cahaya matahari adalah kertas. Pola pelangi terbentuk karena interferensi cahaya pada permukaan yang licin dan reflektif, seperti pada kepingan CD atau gelembung sabun. Namun, kertas tidak memiliki sifat reflektif yang cukup untuk menghasilkan pola pelangi yang terlihat.

    22. Frekuensi bunyi ultrasonik adalah bunyi dengan frekuensi?

    a. Di bawah 20 Hz
    b. 20-20.000 Hz
    c. Di atas 20.000 Hz
    d. Dapat di dengar manusia

    Jawaban: c. Di atas 20.000 Hz

    Penjelasan: Jawaban yang benar adalah c. Di atas 20.000 Hz. Bunyi ultrasonik adalah bunyi dengan frekuensi di atas 20.000 Hz, yang berada di luar rentang pendengaran manusia. Bunyi ini sering digunakan dalam berbagai aplikasi seperti pengobatan medis, pembersihan, dan navigasi. Meskipun manusia tidak dapat mendengar bunyi ultrasonik secara langsung, beberapa hewan seperti kelelawar dan lumba-lumba memiliki kemampuan untuk mendeteksi dan menggunakan bunyi ultrasonik dalam kehidupan mereka.

    23. Berikut yang bukan merupakan sifat cahaya adalah?

    a. Merambat lurus
    b. Dapat dipantulkan
    c. Merambat melalui medium
    d. Dapat dibiaskan

    Jawaban: c. Merambat melalui medium

    Penjelasan: Jawaban yang benar adalah c. Merambat melalui medium. Cahaya dapat merambat melalui medium seperti udara, air, atau kaca. Hal ini disebabkan oleh sifat gelombang elektromagnetik yang dapat berpropagasi melalui ruang hampa maupun medium materi. Oleh karena itu, merambat melalui medium bukanlah sifat yang tidak dimiliki oleh cahaya.

    24. Titik dekat yang dapat dilihat mata normal adalah?

    a. 20 cm
    b. 25 cm
    c. 30 cm
    d. 35 cm

    Jawaban: b. 25 cm

    Penjelasan: Jawaban yang benar adalah b. 25 cm. Titik dekat yang dapat dilihat oleh mata normal, juga dikenal sebagai titik dekat jauh atau titik akomodasi, biasanya berada pada jarak sekitar 25 cm. Jarak ini adalah jarak di mana mata dapat fokus secara penuh pada objek yang berada pada jarak dekat. Ketika melihat objek yang lebih dekat dari 25 cm, mata perlu melakukan akomodasi untuk dapat melihat dengan jelas.

    25. Kemampuan lensa mata untuk menipis atau menebal sesuai dengan jarak benda yang dilihat disebut?

    a. pembiasan
    b. daya akomodasi
    c. kekuatan lensa
    d. indeks bias

    Jawaban: b. daya akomodasi

    Penjelasan: Jawaban yang benar adalah b. daya akomodasi. Kemampuan lensa mata untuk menipis atau menebal sesuai dengan jarak benda yang dilihat disebut sebagai daya akomodasi. Proses akomodasi ini memungkinkan mata untuk fokus pada objek yang berada pada jarak yang berbeda. Ketika melihat objek yang jauh, lensa mata akan menjadi lebih tipis, sedangkan ketika melihat objek yang dekat, lensa mata akan menjadi lebih tebal. Hal ini memungkinkan mata untuk mengubah fokus dan melihat objek dengan jelas pada berbagai jarak.

    26. Peristiwa yang menyebabkan langit kelihatan biru pada waktu tengah hari adalah?

    a. Pantulan cahaya
    b. Penyebaran cahaya
    c. Pembiasan cahaya
    d. Penguraian cahaya

    Jawaban: b. Penyebaran cahaya

    Penjelasan: Jawaban yang benar adalah b. Penyebaran cahaya. Peristiwa yang menyebabkan langit terlihat biru pada waktu tengah hari adalah penyebaran cahaya. Ketika cahaya matahari melewati atmosfer, partikel-partikel kecil seperti molekul-molekul udara dan debu di atmosfer akan menyebarkan cahaya dengan lebih efektif pada panjang gelombang biru. Akibatnya, cahaya biru tersebar ke segala arah, termasuk ke arah kita saat melihat langit. Hal ini mengakibatkan langit terlihat biru.

    27. Sebuah benda diletakkan pada jarak 10 cm di depan cermin cembung yang titik apinya berjarak 15 cm. Bayangan yang di hasilkan berjarak?

    a. 6 cm di depan cermin
    b. 6 cm di belakang cermin
    c. 30 cm di depan cermin
    d. 30 cm di belakang cermin

    Jawaban: b. 6 cm di belakang cermin

    Penjelasan: Jawaban yang benar adalah b. 6 cm di belakang cermin. Ketika sebuah benda diletakkan pada jarak 10 cm di depan cermin cembung yang titik api (fokus)nya berjarak 15 cm, bayangan yang terbentuk akan berada di belakang cermin. Bayangan tersebut akan terletak pada jarak yang lebih kecil dari titik api, yaitu 6 cm di belakang cermin.

    28. Sinar datang membuat sudut 15° terhadap permukaan cermin, maka sudut pantulnya?

    a. 15°
    b. 30°
    c. 45°
    d. 75°

    Jawaban: a. 15°

    Penjelasan: Jawaban yang benar adalah a. 15°. Menurut hukum pemantulan cahaya, sudut datang sama dengan sudut pantul. Jadi, jika sinar datang membuat sudut 15° terhadap permukaan cermin, maka sudut pantulnya juga akan menjadi 15°.

    29. Seorang anak menderita rabun jauh dengan titik jauhnya 2 m. Agar anak tersebut dapat melihat benda jauh pada normal, maka harus menggunakan lensa?

    a. Cembung dan + 2 dioptri
    b. Cekung dan – 2 dioptri
    c. Cekung dan – 0,5 dioptri
    d. Cembung dan + 0,5 dioptri

    Jawaban: c. Cekung dan – 0,5 dioptri

    Penjelasan: Jawaban yang benar adalah c. Cekung dan – 0,5 dioptri. Rabun jauh adalah kondisi penglihatan di mana seseorang memiliki kesulitan melihat objek yang berada pada jarak yang jauh. Untuk memperbaiki rabun jauh, diperlukan lensa yang dapat mengubah fokus cahaya pada retina. Karena anak tersebut menderita rabun jauh dengan titik jauh 2 meter, maka lensa yang diperlukan adalah lensa cekung dengan kekuatan – 0,5 dioptri. Lensa ini akan membantu mata anak tersebut untuk memfokuskan cahaya yang datang dari objek yang jauh sehingga dapat terlihat dengan jelas pada retina.

    30. Sebuah benda diletakkan di depan cermin cekung dengan jarak 10 cm. Jika jarak fokus cermin 20 cm maka pembesaran bayangan yang dibentuk cermin adalah?

    a. ½ kali nyata
    b. ½ kali maya
    c. 2 kali nyata
    d. 2 kali maya

    Jawaban: d. 2 kali maya

    Penjelasan: Jawaban yang benar adalah d. 2 kali maya. Pembesaran bayangan yang dibentuk oleh cermin cekung dapat dihitung menggunakan rumus pembesaran, yaitu pembesaran (m) = -f / (f - d). Dalam kasus ini, jarak fokus (f) cermin cekung adalah 20 cm dan jarak benda (d) adalah 10 cm. Menggantikan nilai-nilai tersebut ke dalam rumus, pembesaran (m) = -20 / (20 - 10) = -20 / 10 = -2. Hasilnya negatif menunjukkan bahwa bayangan yang terbentuk adalah bayangan maya dan pembesaran sebesar 2 kali maya, yang berarti bayangan tersebut dua kali lebih besar daripada benda aslinya.

    31. Jika seseorang memiliki cacat mata dengan titik dekat 50 cm, ingin membaca pada jarak baca normal (25 cm), orang tersebut harus menggunakan kacamata dengan kekuatan lensa?

    a. ½ dioptri
    b. ¾ dioptri
    c. 1½ dioptri
    d. 2 dioptri

    Jawaban: d. 2 dioptri

    Penjelasan: Jawaban yang benar adalah d. 2 dioptri. Jika seseorang memiliki cacat mata dengan titik dekat 50 cm dan ingin membaca pada jarak baca normal 25 cm, maka ia membutuhkan lensa korektif dengan kekuatan yang sesuai. Untuk menghitung kekuatan lensa yang dibutuhkan, kita dapat menggunakan rumus kekuatan lensa (D) = 1 / f, di mana f adalah jarak fokus lensa dalam meter. Dalam kasus ini, jarak fokus yang dibutuhkan adalah 0,25 meter (dari kebalikan jarak baca normal). Menggantikan nilai f ke dalam rumus, kekuatan lensa (D) = 1 / 0,25 = 4 dioptri. Namun, karena cacat mata ini adalah cacat titik dekat, maka lensa korektif harus memiliki kekuatan yang berlawanan, yaitu negatif. Sehingga, lensa korektif yang diperlukan adalah lensa dengan kekuatan -2 dioptri.

    32. Budi mengalami cacat mata hipermetropia. Cacat mata ini disebabkan oleh?

    a. titik jauh mata bergeser mendekati mata
    b. titik jauh mata bergeser menjauhi mata
    c. titik dekat mata bergeser mendekati mata
    d. titik dekat mata bergeser menjauhi mata

    Jawaban: d. titik dekat mata bergeser menjauhi mata

    Penjelasan: Jawaban yang benar adalah d. titik dekat mata bergeser menjauhi mata. Cacat mata hipermetropia terjadi ketika mata memiliki fokus yang kurang pada objek yang berada pada jarak dekat. Hal ini terjadi karena titik dekat mata bergeser menjauhi mata, sehingga mata kesulitan untuk memfokuskan cahaya yang datang dari objek yang berada pada jarak dekat. Sebagai hasilnya, orang yang mengalami hipermetropia biasanya memiliki kesulitan melihat objek yang dekat dengan jelas.

    33. Seorang penderita hipermetropia dapat membaca buku pada jarak 125 cm. Agar dapat membaca pada jarak normal 25 cm, orang tersebut harus memakai kacamata dengan kuat lensa?

    a. 1¼ dioptri
    b. 1⅖ dioptri
    c. 2½ dioptri
    d. 3⅕ dioptri

    Jawaban: d. 3⅕ dioptri

    Penjelasan: Jawaban yang benar adalah d. 3⅕ dioptri. Penderita hipermetropia memiliki kesulitan melihat objek yang dekat dengan jelas. Untuk menghitung kekuatan lensa yang dibutuhkan, kita dapat menggunakan rumus kekuatan lensa (D) = 1 / f, di mana f adalah jarak fokus lensa dalam meter. Dalam kasus ini, jarak fokus yang dibutuhkan adalah 0,25 meter (dari kebalikan jarak normal 25 cm). Menggantikan nilai f ke dalam rumus, kekuatan lensa (D) = 1 / 0,25 = 4 dioptri. Namun, karena ini adalah hipermetropia, lensa korektif harus memiliki kekuatan yang berlawanan, yaitu negatif. Sehingga, lensa korektif yang diperlukan adalah lensa dengan kekuatan -3⅕ dioptri.

    34. Seseorang dapat membaca dengan jelas pada jarak 50 cm. Agar ia dapat membaca jelas pada jarak 30 cm, kekuatan lensa kacamata yang diperlukan adalah?

    a. 1/3 dioptri
    b. 2/3 dioptri
    c. 3/4 dioptri
    d. 4/3 dioptri

    Jawaban: d. 4/3 dioptri

    Penjelasan: Jawaban yang benar adalah d. 4/3 dioptri. Jika seseorang dapat membaca dengan jelas pada jarak 50 cm dan ingin membaca dengan jelas pada jarak 30 cm, kita dapat menghitung perbedaan kekuatan lensa yang dibutuhkan menggunakan rumus kekuatan lensa (D) = 1 / f, di mana f adalah jarak fokus lensa dalam meter. Dalam kasus ini, perbedaan jarak fokus yang dibutuhkan adalah 1 / 0,3 - 1 / 0,5 = 10/3 - 2 = 4/3 dioptri. Jadi, kekuatan lensa kacamata yang diperlukan adalah 4/3 dioptri agar dapat membaca dengan jelas pada jarak 30 cm.

    35. Pemantulan yang terjadi pada bidang datar merupakan jenis pemantulan?

    a. Baur
    b. Sempurna
    c. Rata
    d. Tidak beraturan

    Jawaban: b. Sempurna

    Penjelasan: Jawaban yang benar adalah b. Sempurna. Pemantulan yang terjadi pada bidang datar adalah jenis pemantulan sempurna. Pemantulan sempurna terjadi ketika cahaya mengenai permukaan datar dan memantul secara refleks tanpa mengalami perubahan arah atau distorsi. Ini berarti sudut datang sama dengan sudut pantul, sehingga terjadi pemantulan yang sempurna dan teratur.

    36. Bagaimanakah konsep penggunaan jam matahari?

    a. Menggunakan kesan bayang-bayang
    b. Menggunakan konsep cahaya bergerak lurus
    c. Menggunakan konsep bayang-bayang yang panjang dan pendek
    d. Menggunakan konsep bayang-bayang yang terbentuk apabila cahaya matahari dihalang oleh objek

    Jawaban: d. Menggunakan konsep bayang-bayang yang terbentuk apabila cahaya matahari dihalang oleh objek

    Penjelasan: Jawaban yang benar adalah d. Menggunakan konsep bayang-bayang yang terbentuk apabila cahaya matahari dihalang oleh objek. Konsep penggunaan jam matahari didasarkan pada pembentukan bayangan yang terjadi ketika cahaya matahari dihalangi oleh suatu objek. Dengan memperhatikan pergerakan bayangan yang terbentuk seiring dengan perubahan posisi matahari, kita dapat menentukan waktu berdasarkan pola bayangan tersebut. Konsep ini telah digunakan sejak zaman dahulu untuk mengukur waktu secara relatif dengan memanfaatkan pergerakan matahari.

    37. Bagaimanakah cahaya putih disebarkan menjadi spektrum cahaya?

    a. Cahaya dibiaskan mengikut kelajuan cahaya
    b. Cahaya dibiaskan mengikut medium
    c. Prisma kaca menukar jenis cahaya
    d. Prisma kaca menambah cahaya

    Jawaban: a. Cahaya dibiaskan mengikut kelajuan cahaya

    Penjelasan: Jawaban yang benar adalah a. Cahaya dibiaskan mengikut kelajuan cahaya. Cahaya putih terdiri dari berbagai panjang gelombang yang berbeda. Ketika cahaya putih melewati prisma, kecepatan cahaya dalam prisma berbeda-beda untuk setiap panjang gelombang. Akibatnya, cahaya dengan panjang gelombang yang lebih pendek akan dibiaskan lebih banyak daripada cahaya dengan panjang gelombang yang lebih panjang. Hal ini menyebabkan pemisahan cahaya putih menjadi spektrum cahaya yang terdiri dari warna-warna komponen seperti pelangi. Proses ini disebut dispersi cahaya.

    38. Cakram warna apa bila diputar dengan kecepatan yang tinggi maka akan tampak?

    a. warna pelangi
    b. berubah menjadi warna putih
    c. semua warna berubah menjadi hitam
    d. warna berubah menjadi merah dan biru

    Jawaban: b. berubah menjadi warna putih

    Penjelasan: Jawaban yang benar adalah b. berubah menjadi warna putih. Ketika cakram diputar dengan kecepatan yang tinggi, warna-warna yang terdapat pada cakram akan tampak tercampur menjadi satu dan menghasilkan warna putih. Hal ini disebabkan oleh efek percampuran cahaya yang terjadi ketika cakram berputar dengan cepat dan mengaburkan perbedaan warna pada cakram tersebut. Sehingga, pada kecepatan yang tinggi, cakram warna akan tampak seperti warna putih.

    39. Alat optik periskop memanfaatkan sifat cahaya yaitu?

    a. Cahaya dapat dipantulkan
    b. Cahaya dapat menembus benda bening
    c. Cahaya dapat dibiaskan
    d. Cahaya dapat diuraikan

    Jawaban: a. Cahaya dapat dipantulkan

    Penjelasan: Jawaban yang benar adalah a. Cahaya dapat dipantulkan. Alat optik periskop memanfaatkan sifat cahaya yang dapat dipantulkan untuk memungkinkan pengamat melihat objek di sekitarnya tanpa harus secara langsung melihatnya. Periskop terdiri dari serangkaian cermin atau prisma yang memantulkan cahaya sehingga memungkinkan pengamat melihat objek yang berada di luar jangkauan pandang langsung. Cahaya yang datang dari objek dipantulkan oleh cermin atau prisma dalam periskop sehingga menciptakan gambar yang dapat dilihat oleh pengamat melalui lubang periskop.

    40. Cahaya memiliki kecepatan?

    a. 3.000.000 m/s
    b. 30.000.000 m/s
    c. 300.000.000 m/s
    d. 3.000.000.000 m/s

    Jawaban: c. 300.000.000 m/s

    Penjelasan: Jawaban yang benar adalah c. 300.000.000 m/s. Cahaya memiliki kecepatan yang sangat tinggi dalam vakum, yaitu sekitar 300.000.000 meter per detik (m/s). Kecepatan cahaya ini sering disimbolkan dengan huruf "c" dan merupakan kecepatan maksimum yang dapat dicapai oleh sesuatu dalam alam semesta ini. Kecepatan cahaya yang tinggi ini memungkinkan cahaya untuk menyebar dengan cepat dan mencapai kita dalam waktu yang sangat singkat.

    B. Essay


    1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan cahaya dan bagaimana cahaya terbentuk.


    Jawaban: Cahaya adalah bentuk energi elektromagnetik yang dapat kita lihat. Cahaya terbentuk ketika partikel-partikel berenergi, seperti elektron, berpindah ke tingkat energi yang lebih tinggi dan kemudian kembali ke tingkat energi yang lebih rendah. Proses ini menghasilkan emisi energi dalam bentuk foton-foton cahaya.

    2. Jelaskan perbedaan antara cahaya monokromatik dan cahaya polikromatik.


    Jawaban: Cahaya monokromatik adalah cahaya yang terdiri dari satu warna atau satu frekuensi tunggal. Contohnya adalah cahaya dari laser. Sementara itu, cahaya polikromatik adalah cahaya yang terdiri dari berbagai warna atau frekuensi. Contohnya adalah cahaya matahari yang terdiri dari spektrum warna yang berbeda.

    3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pembiasan cahaya dan berikan contoh fenomena pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari.


    Jawaban: Pembiasan cahaya adalah perubahan arah cahaya ketika melewati batas antara dua media dengan kecepatan rambat yang berbeda. Contoh fenomena pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari adalah pembentukan pelangi saat cahaya matahari melewati tetesan air hujan.

    4. Jelaskan perbedaan antara cermin cembung dan cermin cekung.


    Jawaban: Cermin cembung memiliki permukaan yang melengkung ke luar dan dapat memfokuskan cahaya. Contohnya adalah cermin cembung pada spion mobil. Sementara itu, cermin cekung memiliki permukaan yang melengkung ke dalam dan dapat menyebarkan cahaya. Contohnya adalah cermin cekung pada kaca mata minus.

    5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pembiasan cahaya pada prisma.


    Jawaban: Pembiasan cahaya pada prisma adalah peristiwa ketika cahaya melewati prisma dan mengalami pembelokan atau pemisahan menjadi spektrum warna. Hal ini terjadi karena indeks bias dari cahaya berbeda untuk setiap warna, sehingga menyebabkan pemisahan warna.

    6. Jelaskan apa yang dimaksud dengan refraksi cahaya.


    Jawaban: Refraksi cahaya adalah perubahan arah dan kecepatan cahaya ketika melintasi batas antara dua media dengan kecepatan rambat yang berbeda. Cahaya akan bengkok atau membelok ketika melewati batas tersebut. Hal ini terjadi karena perbedaan kecepatan cahaya di setiap medium.

    7. Jelaskan bagaimana lensa bekerja dan jelaskan perbedaan antara lensa cembung dan lensa cekung.


    Jawaban: Lensa bekerja dengan memfokuskan cahaya untuk membentuk gambar. Lensa cembung memiliki permukaan yang melengkung ke luar dan dapat memfokuskan cahaya. Contohnya adalah lensa kacamata plus. Sementara itu, lensa cekung memiliki permukaan yang melengkung ke dalam dan dapat menyebarkan cahaya. Contohnya adalah lensa kacamata minus.

    8. Jelaskan perbedaan antara pembesaran nyata dan pembesaran semu pada lensa.


    Jawaban: Pembesaran nyata terjadi ketika bayangan yang terbentuk oleh lensa dapat dilihat langsung dengan mata telanjang. Pembesaran semu terjadi ketika bayangan yang terbentuk tidak dapat dilihat langsung dengan mata telanjang dan hanya terlihat saat menggunakan alat bantu, seperti lup.

    9. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pantulan cahaya dan berikan contoh fenomena pantulan cahaya dalam kehidupan sehari-hari.


    Jawaban: Pantulan cahaya adalah peristiwa ketika cahaya memantul ketika mengenai permukaan yang tidak tembus cahaya atau reflektif. Contoh fenomena pantulan cahaya dalam kehidupan sehari-hari adalah ketika kita melihat bayangan kita sendiri di cermin atau saat cahaya matahari memantul di permukaan air.

    10. Jelaskan apa yang dimaksud dengan penglihatan binokular dan jelaskan manfaat penggunaan penglihatan binokular dalam kehidupan sehari-hari.


    Jawaban: Penglihatan binokular adalah kemampuan mata untuk melihat secara bersamaan dengan menggunakan kedua mata. Hal ini memungkinkan kita untuk memiliki penglihatan tiga dimensi atau penglihatan mendalam. Manfaat penggunaan penglihatan binokular dalam kehidupan sehari-hari antara lain, dapat memperoleh persepsi jarak dan kedalaman yang lebih akurat, serta memudahkan kita dalam melakukan kegiatan seperti mengemudi, bermain olahraga, dan sebagainya.
    ARTIKEL TERKAIT

    Jadilah komentator pertama!

    Kebijakan Komentar
    Emoticon
    :)
    :(
    hihi
    :-)
    :D
    =D
    :-d
    ;(
    ;-(
    @-)
    :P
    :o
    }D
    (o)
    :p
    (p)
    :-s
    (m)
    8-)
    :-t
    :-b
    b-(
    $-)
    (y)
    x-)
    (l)
    Penggunaan Tag & Gambar di Komentar
    Menggunakan PRE (block element)
    [pre] ... [/pre]

    Menggunakan CODE (block element)
    [code] ... [/code]

    Memasukkan IMG (gambar)
    [img src='...'/]

    Catatan:
    • Isi ... pada tag PRE dan CODE dengan kode yang ingin dimasukkan
    • Isi ... pada tag IMG dengan link gambar yang ingin ditampilkan
    • Parse terlebih dahulu kode yang ingin dimasukkan pada tab sebelah kanan (☷), caranya yaitu masukkan kode yang ingin diparse ke dalam box input, lalu hasil parse akan muncul pada box output
    HTML Parser
    Input:
    Output: